Faktor Internal dan Eksternal untuk Menemukan Ide Peluang Usaha

Ada kalanya seorang pebisnis sekalipun dalam mencari peluang usaha baru yang akan menjadi trend atau laku di pasaran sangatlah sulit. Tidak satu-dua pebisnis yang menemukan kebuntuan dalam menemukan peluang usaha yang diinginkannya. Sebetulnya, hal ini tidak terlepas dari dua faktor utama. Faktor internal dan faktor eksternal.

Apabila kita menyinggung mengenai dua faktor tersebut di atas, kita akan menemukan bahwasanya faktor-faktor di atas merupakan faktor yang sangat esensial guna menemukan dan membangun sebuah peluang usaha. Faktor internal dalam konteks ini adalah faktor yang berhubungan dengan si pelaku wirausaha. Faktor tersebut merupakan hal yang bersangkutan dengan pengetahuan dan pengalaman si pelaku wirausaha tersebut. Ruang lingkupnya bisa berupa cara si pelaku wirausaha membaca perilaku wirausahawan lain dalam memecahkan masalah (problem solving) dan menjadikannya sebuah pengalaman ilmu apabila nanti menemukan permasalahan serupa. Hal lain yang serupa adalah bagaimana si pelaku wirausaha tersebut menggali ide dalam dirinya guna memunculkan pemikiran yang dapat menjadikannya sebuah peluang baru yang akan dia garap. Hal yang terakhir itulah yang tidak kalah pentingnya guna selalu memotivasi diri menemukan kreatifitas dalam dirinya sendiri.

Lanjut mengenai faktor eksternal dalam menemukan ide peluang usaha konteksnya adalah berupa hal-hal yang dianggap masalah dan sedang dihadapi oleh si pelaku wirausaha dan si pelaku wirausaha tersebut belum dapat menemukan jalan untuk memecahkannya. Hal lain seperti belum terpenuhinya keperluan bagi dirinya maupun bagi orang lain juga dapat menjadi faktor berpengaruh. Hal tersebut dapat diasumsikan juga sebagai kendala atau kesulitan di keseharian si pelaku wirausaha. Sebuah ide atau pemikiran yang besar juga dapat menjadi faktor yang berpengaruh dalam menemukan ide. Terutama ide-ide untuk menciptakan sesuatu yang sama sekali baru.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *